Pages

Saturday, December 1, 2018

Setelah Mangkrak 21 Tahun, Tol Ciawi-Sukabumi Diresmikan Jokowi

Sebagai informasi, Tol Ciawi-Sukabumi memiliki total panjang 54 Km yang dibagi menjadi empat seksi, antara lain Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong- Cibadak 11,9 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km. 

Untuk Seksi II Cigombong-Cibadak saat ini dalam tahap pengadaan lahan dengan progres 59% sudah bebas. Konstruksi sudah dimulai dan ditargetkan tampung tahun 2020. Keselurahan Tol Ciawi-Sukabumi ditargetkan rampung tahun 2021. 

Nantinya apabila Tol Ciawi-Sukabumi sudah beroperasi penuh, maka dapat menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian Selatan terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak. 

Tol Ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 4,5-5 jam menjadi sekitar 40 menit. 

Pengusahaan Tol Ciawi-Sukabumi dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)  PT Trans Jabar Toll yang saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road. Nilai investasi sebesar Rp 7,7 trilun yang dipenuhi 30% dari ekuitas perusahaan dan 70% pinjaman dari perbankan. 

Reporter: Titin Supriatin

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 siap beroperasi pada akhir November tahun ini.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/news/read/3796775/setelah-mangkrak-21-tahun-tol-ciawi-sukabumi-diresmikan-jokowi

No comments:

Post a Comment