Pages

Tuesday, August 29, 2023

STY Siapkan Tim Terbaik untuk Piala Asia U-23

Post Ulang zeranjerat.blogspot.com

JAKARTA -- Pelatih Shin Tae-yong (STY) memanggil 27 pemain terbaik untuk memperkuat timnas Indonesia U-23. Setelah berlaga di Piala AFF U-23 2023 di Thailand, STY akan memimpin Garuda Muda melanjutkan perjuangan mereka dalam kualifikasi Piala Asia U-23 pada 6-12 September 2023 di Stadion Manahan, Solo.

Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah Grup K akan bersaing dengan Turkmenistan dan Taiwan. Status tuan rumah harus dimaksimalkan dengan target tertinggi, yakni keluar sebagai juara.

Juara grup menjadi syarat yang harus dipenuhi timnas untuk lolos ke Piala Asia U-23 yang akan berlangsung di Qatar pada 2024. "Secara teori, peluang Indonesia untuk lolos ke Qatar sangat besar. Apalagi, kita bermain di kandang sendiri. Mari kita bekerja keras untuk mewujudkan hal itu," kata pelatih asal Korea Selatan itu, dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (29/8/2023).

Untuk lolos ke Piala Asia U-23, Indonesia wajib finis sebagai juara grup atau setidaknya merebut status empat runner-up terbaik. Namun, selain lolos ke Qatar, Indonesia juga harus tampil gemilang jika ingin ambil bagian di Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, tiga tim teratas di Piala Asia U-23 berhak lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Oleh karena itu, Shin memanggil semua pemain terbaik yang berlaga di kompetisi dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa pemain yang berkiprah di luar negeri yang dipanggil STY ialah Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Rafael William Struick (Ado Den Haag), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), dan Ivar Jenner (FC Utrecht). 

Demikian pula dengan pemain-pemain yang berlaga di Liga 1 dan Liga 2. Nuri Agus Wibowo (Bekasi FC) menjadi satu-satunya pemain Liga 2 yang dipanggil. Pada kualifikasi nanti, Garuda Muda akan berhadapan dengan Taiwan pada 9 September, setelah itu melawan Turkmenistan pada 12 September.

STY saat ini juga tengah bersiap untuk melakoni FIFA matchday timnas senior melawan Turkmenistan pada 8 September mendatang. STY sudah memanggil 24 pemain untuk memperkuat tim dalam pertandingan yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Para pemain bakal mulai berkumpul pada 4 September mendatang. 

Pada pemanggilan ini juga ada pemain-pemain yang berkiprah di luar negeri, seperti Asnawi Mangkualam (Jeongnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Shayne Pattynama (Viking FK), dan Saddil Ramdani (Sabah FC). Selain itu, ada sejumlah debutan pemain yang turut dipanggil, seperti Wahyu Prasetyo (PSIS), Ryan Kurnia (Persib), dan Aji Kusuma (Persija). 

Tim Persib Bandung menjadi penyumbang pemain paling banyak pada kesempatan kali ini, yakni sebanyak empat pemain, diikuti Borneo FC, PSM Makassar, dan Persikabo yang masing-masing menyumbangkan tiga pemain.

Pemain PSIS Wahyu Prasetyo mengaku bersyukur dapat masuk dalam daftar pemain yang akan bertanding melawan Turkmenistan. Ia berjanji akan memanfaatkan pemanggilan ini untuk dapat berproses lebih baik dalam kariernya.

"Yang pasti bersyukur dan sangat senang dengan pemanggilan perdana saya di timnas Indonesia. Saya sendiri akan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya serta berusaha untuk maksimal, baik di latihan dan bertanding saat diberi kesempatan oleh pelatih," kata Wahyu.

Wahyu Prasetyo sejauh ini menunjukkan performa konsisten sebagai bek tengah PSIS Semarang. Manajemen PSSI turut bangga pemainnya dipanggil untuk menjalani debut bersama timnas.

Selanjutnya, Wahyu akan mengikuti pemusatan latihan di Surabaya mulai 4 September 2023. Menanggapi hal itu, CEO PSIS Yoyok Sukawi mengatakan, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi PSIS karena kembali mengirimkan pemain ke timnas senior.

"PSIS tentu bangga dengan pemanggilan ini. Apalagi, ini baru pertama untuk Hulk (julukan Wahyu, Red). Dan ini harus jadi motivasi untuk pemain lainnya supaya bisa selalu menampilkan penampilan terbaik dan dilirik Coach Shin Tae-yong untuk timnas," kata Yoyok Sukawi.

Sepanjang 10 laga pertama PSIS musim ini di BRI Liga 1 2023/2024, Wahyu selalu tampil sebagai starter. Total dia mendapatkan 880 menit bermain.

 

Daftar Pemain Timnas U-23 untuk Piala Asia


1. Rafael William Struick - Ado Den Haag

2. Arkhan Fikri - Arema FC

3. Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi - Barito Putera

4. Nuri Agus Wibowo - Bekasi FC

5. Titan Agung Bagus Fawwazi - Bhayangkara Presisi FC

6. Komang Teguh Trisnanda - Borneo FC

7. Muhammad Fajar Fathur Rachman - Borneo FC

8. Daffa Fasya Sumawijaya - Borneo FC

9. Muhammad Taufany Muslihuddin - Borneo FC

10. Ivar Jenner - FC Utrecht

11. Elkan William Tio Baggott - Ipswich Town

12. Marselino Ferdinan - K.M.Z.K Deinze

13. Ernando Ari Sutaryadi - Persebaya Surabaya

14. Beckham Putra Nugraha – Persib Bandung

15. Rizky Ridho Ramadhani – Persija Jakarta

16. Muhammad Ferarri – Persija Jakarta

17. Doni Tri Pamungkas – Persija Jakarta

18. Muhammad Rayhan Hannan – Persija Jakarta

19. Ilham Rio Fahmi – Persija Jakarta

20. Muhammad Akbar Arjunsyah – Persija Jakarta

21. Witan Sulaeman – Persija Jakarta

22. Jeam Kelly Sroyer – Persik Kediri

23. Muhammad Ramadhan Sananta – Persis Solo

24. Alfeandra Dewangga Santosa – PSIS Semarang

25. Victor Benjamin Dethan – PSM Makassar

26. Hokky Caraka Bintang Bryliant – PSS Sleman

27. Pratama Arhan Alif Rifai - Tokyo Verdy

 

 

Adblock test (Why?)


STY Siapkan Tim Terbaik untuk Piala Asia U-23
Klik Source

No comments:

Post a Comment