Pages

Sunday, September 30, 2018

Kasus Pertama di Dunia, Pria Hong Kong Terinfeksi Hepatitis E Tikus

Liputan6.com, Hong Kong - Seorang pria Hong Kong telah terinfeksi penyakit virus Hepatitis E tikus, menurut sebuah penelitian dari sebuah universitas ternama di Hong Kong.

Ini adalah kasus penularan Hepatitis E dari tikus ke manusia yang pertama di dunia, menurut penelitian tersebut, seperti dikutip dari VOA Indonesia (1/10/2018).

Sebelumnya, belum pernah ditemukan bukti penyakit tersebut dapat menular dari tikus ke manusia, kata Univeristas Hong Kong pada Jumat 28 September 2018, seperti dikutip kantor berita AFP.

Para peneliti memperingatkan penemuan itu penting untuk "masalah kesehatan masyarakat."

"Penelitan secara menyakinkan membuktikan untuk pertama kalinya di dunia bahwa HIV tikus dapat menyerang manusia dan menyebabkan infeksi yang cukup parah," kata pihak universitas menambahkan.

Hepatitis E tikus memilki hubungan yang jauh dengan jenis virus Hepatitis E manusia, kata Universitas Hong Kong.

Penyakit ini ditemukan pada seorang laki-laki berumur 56 tahun, yang hasil tes fungsi hatinya terus-menerus menunjukkan abnormalitas setelah menjalani pencangkokan hati.

Dia kemungkinan terjangkit Hepatitis melalui makanan yang terkontaminasi kotoran tikus, menurut rincian penelitian yang dilaporkan koran South China Morning Post.

Laki-laki ini hidup di perumahan dimana terdapat tanda-tanda sarang tikus di luar rumahnya. Dia sedang dalam pemulihan setelah menerima pengobatan, menurut laporan SCMP.

Simak video pilihan berikut:

Wabah virus Hepatitis A menimpa pondok pesantren Manbaul Ulum, Cirebon, Jawa Barat.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3655959/kasus-pertama-di-dunia-pria-hong-kong-terinfeksi-hepatitis-e-tikus

No comments:

Post a Comment