Pages

Sunday, September 30, 2018

Basarnas Gunakan Search Cam Cari Keberadaan Korban Gempa di Hotel Roa-Roa

Liputan6.com, Jakarta - Tim Basarnas terus berupaya mengevakuasi korban yang terjebak di runtuhan Hotel Roa Roa, Palu, Sulawesi Tengah. Tim menggunakan kamera pencarian (search cam) guna mencari korban di balik runtuhan.

"Tim Basarnas berada di atas reruntuhan Hotel Roa Roa, yang kita ketahui, Hotel Roa-Roa memilik bangunan 7 lantai. Melakukan pencarian dengan peralatan search cam mendeteksi Korban yang masih hidup," berdasarkan keterangan tertulis Basarnas, Senin (1/10/2018).

Kepala Humas SAR Jabar Joshua Banjarnahor mengatakan, search cam merupakan alat untuk mendeteksi keberadaan korban yang ada di balik runtuhan atau ruangan terbatas.

Kamera tersebut bisa memanjang dan menelusuri keberadaan korban.

"Setelah mendapat tanda-tanda tim SAR bergerak membuka akses," kata Joshua.

Proses evakuasi para korban gempa Palu di Hotel Roa-Roa masih terus berlangsung. Basarnas memperkirakan ada puluhan orang yang tertimbun dalam bangunan tersebut.

"Evakuasi korban tertimbun gempa Palu di Hotel Roa-Roa Kota Palu terus dilakukan Tim SAR Gabungan dikoordinir Basarnas. Diperkiran terdapat 50 orang di bawah reruntuhan bangunan. Alat berat diperlukan untuk evakuasi," tulis Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam akun twitternya yang dikutip Liputan6.com, Minggu 30 September 2018.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/news/read/3656300/basarnas-gunakan-search-cam-cari-keberadaan-korban-gempa-di-hotel-roa-roa

No comments:

Post a Comment