Pages

Sunday, September 30, 2018

Australia dan AS Tantang China dalam Proyek Infrastruktur Komunikasi di Papua Nugini

Liputan6.com, Canberra - Diplomat Amerika Serikat di Australia mengonfirmasi secara terbuka bahwa kedua negara sedang bersaing dengan perusahaan telekomunikasi asal China, Huawei, dalam mengejar proyek pembangunan jaringan kabel internet domestik di Papua Nugini.

Pemerintah Federal Australia melibatkan diri untuk membangun kabel internet bawah laut di Papua Nugini dan Kepulauan Solomon - sebagian karena sejumlah badan keamanan tak mau memberi Huawei akses ke infrastruktur internet Australia.

Namun Canberra menanggapi dengan waspada ketika Pemerintah Papua Nugini mengumumkan Huawei akan membangun jaringan domestik, yang memicu kekhawatiran bagi Australia dalam hal keamanan siber.

Sebelumnya, pemerintah Federal Australia pun juga telah melarang Huawei ambil bagian dalam peluncuran jaringan seluler 5G Australia, karena itu bisa terkena "kebijakan ekstra-yudisial" dari Beijing.

Australia telah mencoba untuk menghadang China dengan menawarkan untuk membiayai jaringan Papua Nugini dari dana infrastruktur bersama dengan AS dan Jepang.

Menteri-menteri Australia telah menolak berkomentar secara terbuka tentang pergulatan geopolitik itu, tetapi Kuasa Usaha AS, James Carouso, memberikan jawaban yang gamblang ketika ditanya tentang jaringan tersebut.

"Kami sedang memberikan tawaran tandingan. Ini adalah negosiasi yang sedang berlangsung," kata Carouso, seperti dikutip dari ABC Indonesia, Senin (1/10/2018).

"Akhirnya itu semua terserah kepada Pemerintah Papua Nugini, Tapi idenya adalah untuk memberi alternatif."

"Ini bukan untuk mengatakan jangan berbisnis dengan China. Penawaran China sudah disampaikan. Terserah kami untuk bersaing."

AS dan Australia sama-sama terkesima dengan peningkatan investasi infrastruktur China di kawasan itu. Mereka melontarkan tudingan bahwa Beijing mendorong korupsi dan membebani negara-negara kecil dengan utang yang tidak berkelanjutan.

Pada bulan Mei, AS, Australia dan Jepang mengumumkan kemitraan trilateral untuk "investasi infrastruktur di Indo-Pasifik".

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, juga mengatakan pada saat itu bahwa Amerika Serikat akan menghabiskan lebih dari US$ 113 juta (atau setara Rp 1,62 triliun) untuk proyek-proyek infrastruktur di seluruh kawasan tersebut.

Kendati demikian, total fulus US$ 113 juta terbilang kecil jika dibandingkan dengan miliaran dolar dana yang telah digelontorkan Beijing --dalam bentuk proyek pembangunan infrastruktur, transportasi, dan investasi-- ke negara-negara di kawasan tersebut. Demikian seperti dikutip dari BBC.

Proyek yang berada di bawah payng besar kebijakan Belt and Road Initiative itu, dipandang oleh Barat sebagai upaya China untuk meningkatkan pengaruh politik dan strategisnya secara global melalui insentif-insentif finansial dan bantuan pembangunan infrastruktur di Asia-Pasifik.

Simak video pilihan berikut:

Huawei menyalip raksasa smartphone AS Apple dalam penguasaan pangsa pasar smartphone global. Apple yang tadinya di posisi kedua, kini terdongkel di posisi ketiga, dengan Samsung masih di posisi teratas. Laporan tersebut sedikit meredam kegembiraan in...

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/global/read/3655933/australia-dan-as-tantang-china-dalam-proyek-infrastruktur-komunikasi-di-papua-nugini

No comments:

Post a Comment